Selasa, 15 November 2011

Siapa pemilik domain gratisan ini?

Orang yang akrab dengan website atau penjual domain pasti akrab dengan yang dinamakan "DOMAIN GRATISAN", seperti yang saya rencanakan (curcol) pada blog ini--supaya blog kelihatan keren karena pakai domain sendiri tanpa sepeser pun uang. Tapi, sebenarnya kalian tahu enggak sih pemilik ccTLD (domain level teratas milik negara) dari domain gratisan ini? Kita lihat yuk...

1. .tk--Tokelau (Samudera Pasifik)
     Tokelau adalah negara kecil di Samudera Pasifik, sulit sekali terlihat di peta.


Negara ini terdiri dari pulau karang, tidak punya ibukota, mayoritas penduduk orang Polinesia, dan masih diakui sebagai wilayah teritorial Selandia Baru. Luasnya sangat kecil, 10,8 km2 (<10% dari Jakarta), tetapi penduduknya sudah 1408 jiwa (2008)

2. .co.nr--Nauru, Kepulauan Pasifik

    Kepulauan Nauru ini tidak memiliki ibukota resmi, tapi yang diaku hanya distrik Yaren. Penduduknya 10.800 orang (perkiraan 2006), dan merupakan republik terkecil di dunia!!! Kepulauan ini memiliki kandungan fosfat yang sangat tinggi sehingga dieksploitasi, dan memengaruhi zona ekonomi eksklusif negara tersebut.  Negara ini jaraknya sebanding dengan Pulau Papua-Pulau Jawa atau kira-kira sejauh Jakarta-Beijing.

3. .co.cc, .cz.cc (heboh diblok Google waktu itu)-- Kepulauan Cocos, teritori Australia

        Kepulauan Cocos (Keeling) adalah sebuah Wilayah Luar negeri Australia yang terdiri dari 2 atol dan 27 kepulauan koral. Pulau ini terletak di Samudera Hindia. Luasan negara mereka 14 km2, penduduknya berbahasa Melayu, dan kepulauan ini memang diduduki oleh Australia. Kepulauan ini cukup terpencil (kira-kira sejauh Jakarta-Padang) , dan berpenduduk sekitar 620 jiwa. Terdiri atas West Island (diduduki orang Barat), dan Home Island (diduduki orang Melayu).



4.  .co.tv (salah satu domain yang membuat saya tahu ternyata .tv itu aslinya tidak diperuntukkan untuk stasiun televisi, lagi-lagi diblok Google)--Tuvalu

         Negara ini luasnya 21 km2, ibukota Funafuti (lihat peta), berpenduduk 11.500 jiwa. Letaknya antara Hawaii dan Australia(mendekati Hawaii).Titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut.

4. .exe.bz (baru)--Belize
      
         Beribukota Belmopan, negara Amerika Latin ini penduduknya sekitar 292.000 (sekitar 0,1% penduduk negara kita). Pendapatan per kapita mereka paling tinggi di antara yang lain--US$7.339 ! Luas negara ini 22,966 km2 (sekitar 4,5 kali Pulau Bali).

detailnya bisa dilihat di sini (sekaligus daftar pustaka):


http://id.wikipedia.org/wiki/Belize
http://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Cocos_(Keeling)
http://id.wikipedia.org/wiki/Nauru
http://id.wikipedia.org/wiki/Tuvalu
http://id.wikipedia.org/wiki/Tokelau

Semoga artikel ini berguna bagi anda.... Selamat membaca!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan mengomentari tulisan ini

Flag Counter

free counters