Minggu, 27 November 2011

Konspirasi?

Salah satu teori konspirasi terkenal yaitu penabrakan Menara WTC di AS alias insiden 9/11/2001, Al Qaeda dituduh punya rencana atas peledakan menara ini.


Banyak akun sebelah atau blog sebelah mengulas soal teori konspirasi yang sering membuat merinding dan menyangkut macam-macam (bahkan sesinggungan soal SARA) tersebut. Tapi, saya tidak membahas teori konspirasi terkenal semacam "Konspirasi Kematian Putri Diana", "Konspirasi di Balik 9/11", dst.

Saya sedikit kutip-kutip dari Wikipedia soal teori populer ini, bahwa konspirasi adalah
teori di mana penyebab tertinggi dari suatu peristiwa itu adalah suatu rahasia, dimanipulasi tokoh-tokoh terkenal, dan ada orang (disebut konspirator) di mana ia adalah dalang dari peristiwa itu. Singkatnya teori konspirasi meyakini bahwa ada dalang di balik sesuatu (misalkan peristiwa sejarah), dan direncanakan oleh orang/organisasi yang punya pengaruh tanpa diketahui oleh orang awam. Dengan kata lain teori ini meyakini peristiwa yang terjadi di dunia ini BUKAN SUATU KEBETULAN, tetapi ada yang merencanakan peristiwa itu.

Misalnya:  ada konspirasi muncul di balik penyebaran virus HIV di Afrika, mereka menuding Amerika mendalangi penebaran virus itu.

Ada yang mengatakan konspirasi adalah persekongkolan. Ada lagi yang mengatakan (mengutip dari inilah.com):


Konspirasi adalah serangkaian kegiatan yang disusun secara detail, sedemikian rupa yang dilakukan oleh lebih dari satu pihak yang bertujuan agar peristiwa itu bergulir secara normal atau wajar di tengah-tengah masyarakat.


Konspirasi, menurut Oxford Advanced Learner's Dictionary, adalah sebuah rencana rahasia yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk melakukan sesuatu yang ilegal atau merugikan.

Dengan kata lain konspirasi adalah usaha menutup-nutupi sesuatu oleh sekelompok orang agar masyarakat menganggap itu biasa saja padahal di belakangnya ada kebusukan, dilakukan sekelompok orang untuk melakukan satu hal yang merugikan.

Jadi, konspirasi punya arti "mengambinghitamkan seseorang" untuk melindungi dirinya sendiri agar tidak ketahuan dia/mereka pelakunya. Misalnya ada pembunuhan si A, lalu sekelompok orang menyalahkan si B sebagai pembunuh, padahal si B tidak melakukan hal itu atau ia hanyalah "orang di sekeliling kejadian". Pelaku sebenarnya si C, hanya kelompok ini melindungi si C dengan menyalahkan si B sebagai dalang pembunuhan. Mereka meyakinkan masyarakat bahwa si B membunuh si A, padahal si C yang membunuh. Apa yang awam tahu? Si B membunuh si A, padahal di balik itu tidak demikian.

Banyak konspirasi dilakukan demi menutupi siapa pelaku sebenarnya atau cari sensasi. Konspirasi terdiri dari 2 bagian: ilmiah atau takhayul. Ada beberapa orang percaya konspirasi itu dengan data akurat/seakan-akan sudah terbukti kebenarannya demikian. Contoh kasus pembunuhan Munir, mereka meyakinkan masyarakat bahwa Pollycarpus yang meracuni Munir karena "ia orang di sekitar kejadian" atau "terlibat" dalam kejadian pembunuhan itu. (mungkin saja mereka yakin Pollycarpus membantu orang dalam menyiapkan "racun" tersebut).
Ada juga konspirasi yang kesannya agak main-main atau pakai takhayul, yang ini suka dihubungkan ke mistis-mistis. Misalnya: ada alien yang membuat lukisan Nazca di Amerika Selatan itu, atau crop circle yang heboh di kuartal I 2011, padahal UFO dan alien itu masih belum dipastikan keberadaannya sampai kini. Jadi, ada yang main percaya sama takhayul itu tanpa dibuktikan secara ilmiah.

Apapun definisi dan serba-serbi konspirasi, yang jelas 99% konspirasi itu KONTROVERSIAL. Hampir semua konspirasi itu menghebohkan headline koran-koran dan dunia maya (terutama). Teori konspirasi juga sering membuat orang merinding. Konspirasi juga nyaris selalu merupakan teka-teki yang belum terpecahkan hingga kini. Tetapi, menarik sekali untuk membongkar lebih dalam masalah konspirasi ini. Beberapa konspirasi yang heboh di dunia maya sudah terbongkar, misal mengenai H1N1.

Contoh teori konspirasi (tidak akan saya jelaskan lebih lanjut, search di Google dengan kata kunci berikut pasti ketemu)

  • Konspirasi kematian Putri Diana
  • Konspirasi pembunuhan Munir
  • Konspirasi kiamat 2012
  • Konspirasi H1N1
  • Konspirasi 11 September 2001
  • Konspirasi pembunuhan John Kennedy


Demikianlah mengenai teori konspirasi, semoga saya dapat mencari info lebih lanjut soal teori ini, soalnya agak sulit mendefinisikan konspirasi itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan mengomentari tulisan ini

Flag Counter

free counters